Dalam
10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game
online telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ini bisa kita lihat di
kota-kota besar, tidak terkecuali juga kota-kota kecil, banyak sekali game center
yang muncul. Game center itu sendiri tidak seperti halnya warnet, mereka
memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak daripada warnet. Inilah yang membuat
game center hampir selalu ramai
dikunjungi (Makalah Jurusan Tekhnik Informatika,
2009).
Game
saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal
dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan
internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang
bersamaan seperti yang kita kenal yaitu CS ( counter strike) atau pun PB (
Point Blank).
Walaupun
game ditujukan untuk anak-anak sekolah, tidak sedikit pula orang dewasa kerap
memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan
mendapat penghasilan dari bermain game seperti Poker .
Game
Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun
jiwa psikologis seseorang. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online
dengan pemain lainnya, Game online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan
sosial dalam kehidupan sebenarnya.
Hal
ini lah yang menyebabkan kekurangan moral di perkembangan seseorang anak anak
ataupun anak muda, dengan tertanamnya pikiran fantasi di otaknya sehingga,
utnuk mendapakkan suatu keinginanpun haruslah dengan jalan pintas atau instan.
Inilah yang mengakibatkan perkembangan kebiasaan berusaha keras tidak ada pada
jiwa seorang GAMERS.
PENGERTIAN DARI GAME ONLINE
Game
Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang
dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Damana LAN (Line
Area Network ) dapat digunakan tanpa menggunakan sambungan dari internet tapi
biasanya hanya berada di wilayah yang kecil, dan sebaliknya Internet ialah
dapat digunakan harus menyambungkan jaringan internet untuk dapat tersambung
dengan domain atau lawan yang berada di luar area maupun belahan dunia.
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE
Perkembangan
game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan
jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan
cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small
local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.
Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan
untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer
hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah
computer dengan kemampuan time-sharing
sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak
harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).
Lalu
pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based
computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi
sudah mencakup WAN(Wide Area Network ) dan menjadi Internet. Game online
pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat
yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu
dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul
dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga
penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat.
PERKEMBANGAN GAMES ONLINE DI INDONESIA
Menurut
Ligagame Indonesia, game online muncul di Indonesia pada tahun
2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di
Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun
RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar
di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia
dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia. Berikut adalah game online
yang hadir di Indonesia (Jessica Muligan, 2000):
Nama
Games
|
Muncul
Tahun
|
Pemegang
Lisensi
|
Tipe
Game
|
Tipe
grapis
|
Status
|
Nexia
|
2001
|
BolehGame
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2004
|
RedMoon
|
2002
|
-
|
RPG
|
2,5D
|
Ditutup thn 2005
|
Laghaim
|
2003
|
Boleh Game
|
RPG
|
3D
|
Ditutup thn 2006
|
Ragnarok
|
2003
|
Lyto
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
GunBound
|
2004
|
Boleh Game
|
Action RPG
|
3D
|
Masih
|
Xian
|
2004
|
Boleh Game
|
Strategy RPG
|
3D
|
Masih
|
Risk Your Life
|
2004
|
Dream Web Tech
|
Action RPG
|
3D
|
Masih
|
Tantra
|
2004
|
Playon
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Survival Project
|
2004
|
Playon
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2006
|
GetAmped
|
2005
|
Lyto
|
RPG
|
2,5D
|
Masih
|
Stargate
|
2005
|
Borneo X
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2006
|
TS
|
2005
|
Global World Technology
|
RPG
|
2D
|
Ditutup thn 2008
|
O2jam
|
2005
|
Infomedia Nusantara
|
Musical
|
3D
|
Masih
|
Pangya
|
2005
|
Boleh Game
|
Sport
|
3D
|
Ditutup thn 2008
|
Knight
|
2005
|
Infomedia Nusantara
|
RPG
|
3D
|
Ditutup thn 2007
|
Vital Sign
|
2005
|
-
|
FPS
|
3D
|
Ditutup thn 2007
|
SEAL
|
2006
|
Lyto
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
RAN
|
2006
|
Jaspace
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Deco
|
2006
|
Playon
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
AyoDance
|
2006
|
Maxus Infotech
|
Musical
|
3D
|
Masih
|
DOMO
|
2007
|
Datakom Wijaya Pratama
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Angle Love
|
2007
|
WaveGame
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Rising Force
|
2007
|
Lyto
|
RPG
|
3D
|
Masih
|
Ghost
|
2007
|
Kreon
|
RPG
|
2D
|
Masih
|
Selain game diatas, ada juga game-game
seperti Warcraft, Counterstrike, Age Of Empire, Need For Speed Series yang juga
banyak menyita perhatian para gamer di Indonesia walaupun tidak sebesar game – game
yang disebutkan diatas. Contohnya Countersrtike lebih lancar dimainkan pada
mode LAN dibandingkan internet karena latencynya yang besar dan servernya
kurang cepat sehingga sewaktu bermain game ada jeda membuat gamers menjadi
tidak nyaman, begitu juga halnya dengan Warcraft dan Age of empire.
TIPE-TIPE GAME ONLINE
·
First Person
Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada
gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut,
kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer
(di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
·
Real-Time Strategy, merupakan
game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya
pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
·
Cross-Platform Online,
merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda
misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC
maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki
konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
·
Browser Games,
merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat
dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung
javascript, php, maupun flash.
·
Massive Multiplayer
Online Games, adalah game dimana pemain
bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat
berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata
Bedasarkan teknologi grapis
ü 2
Dimensi, game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk
ringan, tidak membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak
enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online
sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih
berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.
ü 3
Dimensi, game bertipe 3 DImensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam
penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan
kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan
dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi komputer yang
lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut ditampilkan secara
sempurna.
Berdasarkan cara pembayaran
Maksud dari cara pembayaran ini adalah
bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Bedasarkan
kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu
A. Pay
Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall
atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada
pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada
permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh:
Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.
B. Pay
per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat
diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila
yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan
memblokirnya. Contoh: War of Warcraft,dll.
DAMPAK NEGATIF GAME ONLINE
Game
online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan social pemainnya dalam dunia
nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila
memainkannya terlalu lama. Seperti yang dilansir ketok.com, gara-gara sebuah
game, seorang pemuda di amerika serikat nekad menusuk temannya sendiri. Bahkan
anak-anak yang kecanduan bermain game sering membolos dari sekolahnya agar bisa
melanjutkan petualangannya di dunia maya.
Selain
itu ada beberapa dampak negatif nya :
a.
Pelajar yang bermain
game online hanya menghambur – hamburkan waktu dan uang secara sia – sia .
b.
Bermain game online
membuat mereka menjadi ketagihan.
c.
Terkadang lebih
merelakan sekolahnya untuk bermain game online (bolos sekolah).
d.
Dengan bermain game
online tersebut juga bisa membuat mereka lupa waktu, untuk makan, beribadah,
waktu untuk pulang ,dll.
e.
Dengan terlalu sering
berhadapan dengan monitor secara mata telanjang dapat membuat mata nya menjadi
minus , nyatanya umur mereka masih muda – muda.
f.
Anak tersebut jadi
sering berbohong kepada orang tuanya karena ia awalnya pamit untuk berangkat
sekolah ternyata ia bolos sekolah untuk bermain game online.
DAMPAK POSITIF DARI GAME ONLINE
Akan
tetapi dari segi bisnis, game online masih memiliki prospek bagus kedepannya.
Dengan kehadiran games online ini, orang-orang bisa menciptakan lapangan kerja
sendiri yaitu games center, atau menjadi pengembang games sehingga dapat
mengurangi angka pengangguran. Game online juga bisa meningkatkan kemampuan
bekerja sama pada otak anak seperti yang dilansir ketok.com.
Dan ada beberapa lagi dampak positif
nya.
a. Pelajar
tersebut dapat menguasai komputer lebih lanjut .
b. Dengan
bermain game online secara langsung ia dapat mengerti bahasa Inggris yang
dipergunakan pada gamenya tak jarang mereka juga mesti mengartikan sendiri kata
– kata yang mereka tidak ketahui.
c. Dari
game online ini dapat menambah teman mereka walaupun hanya didunia nyata maupun
maya .
d. Bagi
yang telah mempunyai ID dari salah satu game onlinenya yang telah jadi (GG)
mereka dapat menjualnya dengan orang lain dan akhirnya mendapatkan uang dari
hasil tersebut.
KESIMPULAN
Dalam
perjalanannya, games online telah menjalani perkembangan yang pesat, baik dari
segi teknologinya mulai dari dahulu hanya dipakai oleh militer untuk keperluan
militer hingga bisa menjadi industri maupun dari ragam jenisnya. Games online
juga sudah mempengaruhi cara kita bersosialisasi dengan orang lain. Games
online membuat kita dapat berinteraksi secara tidak langsung dengan orang lain.
Akan tetapi efek dari keranjinan games online juga dapat berdampak buruk
tergantung pada diri masing bagaimana cara mengontrolnya.
Read more : http://sharemyeyes.blogspot.com/2013/05/pengaruh-p
Tidak ada komentar:
Posting Komentar